'/> Naskah Pidato Presiden Soekarno

Info Populer 2022

Naskah Pidato Presiden Soekarno

Naskah Pidato Presiden Soekarno
Naskah Pidato Presiden Soekarno
Naskah PIdato Presiden Soekarno
Saudara-saudara sekalian!Saya telah minta saudara-saudara hadir disini untuk menyaksikan satu insiden maha-penting dalam sejarah kita.Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berjoang, untuk kemerdekaan tanah air kita bahkan telah beratus-ratus tahun!Gelombang agresi kita untuk mencapai kemerdekaan kita itu ada naiknya dan ada turunnya, tetapi jiwa kita tetap menuju ke arah cita-cita.Juga di dalam jaman Jepang, perjuangan kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak berhenti-hentinya.Di dalam jaman Jepang ini, sepertinya saja kita menyandarkan diri kepada mereka, tetapi pada hakekatnya, tetap kita menyusun tenaga sendiri, tetapi kita percaya kepada kekuatan sendiri.

Maka kami, tadi malah telah mengadakan musyawarat dengan pemuka-pemuka rakyat Indonesia dari seluruh Indonesia. Permusyawaratan itu seia sekata beropini bahwa sekaranglah tiba saatnya untuk menyatakan kemerdekaan kita.

Dengan ini kami menyatakan kebulatan tekad itu. Dengarkanlah proklamasi kami:

Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945
Atas Nama Bangsa Indonesia
Soekarno-Hatta

Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil perilaku nasib bangsa dan nasib tanah air kita di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri akan sanggup bangun dengan kuatnya.
Advertisement

Iklan Sidebar